Home Berita / Informasi Informasi Mahasiswa
Informasi Mahasiswa
Lomba Business Plan 2013

Lomba Business Plan 2013 IEC ITB bertujuan sebagai acara start-up business pertama di Indonesia yang diperuntukkan untuk mahasiswa sebagai wadah untuk mengapresiasi, menginspirasi, dan membangun entrepreneur muda, baik yang sudah berjalan maupun yang baru mengembangkan idenya. Lomba business plan 2013 IEC ITB ini terdiri dari beberapa rangkaian acara.

Lomba Business Plan 2013 IEC ITB

Tata Cara Pendaftaran

Peserta mendownload persyaratan pendaftaran lomba business plan 2013 yang tercantum pada www.iecitb2013.com

Peserta mengisi formulir pendaftaran secara online.

Tata Cara Pembayaran

Peserta melakukan pembayaran sebesar Rp150.000,00 wajib ditransfer dengan format berita acara: jenis lomba_nama tim (contoh : startup_hebat) ke nomor rekening

1. BNI 026-6645-118 atas nama Cut Keumala Intan, atau

2. MANDIRI 900-00-0836094-4 atas nama Cut Keumala Intan

Tata Cara Pengumpulan

1. Peserta wajib mengirimkan berkas-berkas dengan rincian:

  1. Formulir Pendaftaran*
  2. Business plan maksimal 10 lembar sebanyak 1 (satu) buah
  3. Surat pernyataaan bahwa peserta telah menyetujui seluruh peraturan kompetisi* IEC 2013 yang telah ditandatangani oleh masing-masing peserta diatas materai 6000 rupiah
  4. Surat keterangan mahasiswa dari universitas/fakultas* masing-masing yang telah dilegalisir
  5. Fotocopy bukti transfer pembayaran
  6. Foto 4×6  2 lembar (berwarna) untuk masing-masing peserta. Peserta wajib menuliskan nama lengkap dan nama tim dibalik foto
  7. Fotokopi identitas diri (KTP/ SIM/ Paspor) dan KTM masing-masing 2 lembar untuk masing-masing peserta

*) template surat telah disediakan oleh panitia dah harus diisi sesuai dengan format yang telah diberikan.

2. Seluruh berkas yang diperlukan untuk mengikuti kompetisi wajib disatukan dalam satu amplop coklat yang pada bagian depannya wajib dituliskan:

  1. nama tim
  2. judul ide bisnis
  3. kategori yang dipilih (idea canvas/startup)
  4. segmen yang dipilih
  5. kontak yang dapat dihubungi

3. Seluruh berkas yang diperlukan untuk mengikuti kompetisi dikirimkan oleh peserta secara langsung(tanpa perantara) kepada  Panitia IEC 2013 yang beralamat di , CC Barat Ruang 29, Institut Teknologi Bandung Jalan Ganesha 10 Bandung 40116 pada hari Senin s/d Jumat pada pukul 08.00 hingga 17.00 WIB dan hari Sabtu s/d Minggu pukul 09.00 hingga 15.00 WIB ATAU via pos (jasa kurir/melalui perantara) ke POBOX 1175.

4. Berkas-berkas yang dibutuhkan harus diterima oleh panitia paling lambat pada tanggal 17 Februari 2013 pukul 17.00 WIB.

Persyaratan Lomba Business Plan 2013

  • Satu tim lomba business plan 2013 harus terdiri dari 3 orang berstatus mahasiswa aktif (D1, D2, D3, hingga S1) dan belum boleh dinyatakan lulus sampai rangkaian kompetisi IEC 2013 selesai (Mei 2013).
  • Peserta merupakan warga negara Indonesia
  • Setiap peserta hanya boleh tergabung dalam 1 tim.
  • Peserta lomba business plan 2013 yang sudah mendaftar pada kategori Idea Canvas tidak boleh mendaftar pada kategori Start Up dan sebaliknya.
  • Anggota tim diperbolehkan berasal dari universitas atau fakultas yang berbeda.
  • Anggota tim yang sudah terdaftar tidak dapat digantikan dengan alasan apapun.
  • Ide bisnis yang diperlombakan belum pernah direalisasikan atau sudah berjalan maksimal selama 6 bulan (terhitung dari 10 Desember 2012).
  • Business plan yang diperlombakan harus termasuk dalam kategori pilihan yang diberikan. Adapun kategori pilihan yang diperlombakan:
    1. Teknologi
      Bisnis di bidang teknologi, seperti menciptakan mesin, alat-alat elektronik, software, dan produk teknologi yang lain.
    2. Industri Kreatif
      Bisnis di bidang seni, produk berupa barang-barang kerajinan yang bernilai seni, seperti baju, topi, sepatu, dan produk
    3. Agribisinis
      Bisnis di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, serta produk-produk yang menunjang bidang-bidang tersebut.
    4. Kuliner
      Bisnis berupa produk makanan atau minuman
    5. Jasa
      Bisnis berupa produk  yang intangible (tidak berwujud tetapi tampak manfaatnya), seperti warnet, sekolah, transportasi dan produk jasa yang lain.
  • Business plan yang diperlombakan TIDAK mengandung indikasi skema money game, arisan berantai, ataupun skema piramid seperti skema distributor MLM, agen asuransi, member broker property, agen penjualan investasi bursa berjangka dan semua sistem keagenan yang serupa dengan skema tersebut, serta franchise dari bisnis yang sudah ada.
  • Ide bisnis yang diajukan belum pernah menjadi pemenang kompetisi lainnya.
  • Business plan tersebut adalah karya original dari peserta, bukan merupakan plagiarisme. Juri dan panitia berhak membatalkan kemenangan peserta jika terbukti ada indikasi plagiarisme.
  • Peserta wajib mengumpulkan business plan maksimal 10 lembar dalam bentuk hardcopy (persyaratan dan ketentuan business plan dapat dilihat disini).
  • Peserta wajib mengikuti segala ketentuan dan peraturan kompetisi.
  • Bila terdapat pelanggaran pada poin-poin di atas, panitia berhak mendiskualifikasi secara sepihak dan keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.

ITB Entrepreneurship Challenge 2013. Lomba Business Plan 2013 untuk Mahasiswa Terbesar di Indonesia



Dapatkan Info Lomba Terbaru Lainnya di Ayo Lomba http://ayolomba.com
Sumber Info Lomba: http://ayolomba.com/lomba-business-plan/lomba-business-plan-2013-iec-itb/
 
Implementasi Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) untuk Anjungan Mahasiswa

Sistem Informasi Manajemen Akademik merupakan solusi bagi Manajemen Administrasi Akademik di Lingkungan Kampus. SIM ini mengintegrasikan proses-proses administrasi akademik yang terjadi di kampus ke dalam sebuah sistem informasi yang mampu menyimpan dan mengolah ribuan data akademik dari tahun ke tahun secara sistematis, dengan dukungan teknologi komputer dan perangkat lunak yang kami sediakan.

Tingkat kompleksitas yang tinggi dalam pengelolaan administrasi akademik akan menjadi lebih mudah dikelola dengan penggunaan SIM ini. Software SIM ini dirancang dengan memperhatikan kemudahan penggunaan bagi user (user friendly). Menu dan fasilitas yang terdapat dalam SIM ini telah diklasifikasikan berdasarkan kategori data-data administrasi serta pembagian user/pengguna sehingga akan mempermudah dan mempercepat proses Manajemen Administrasi Akademik di lingkungan Kampus.