Home Berita / Informasi Berita Kampus Praktik Klinik Kebidanan
Praktik Klinik Kebidanan

Pengalaman belajar lapangan merupakan hal yang sangat penting bagi peserta didik untuk mencapai suatu keberhasilan dalam pendidikan setelah teori dan simulasi. untuk itu mulai tanggal 6 hingga 25 Februari 2012 serentak dilaksanakan praktik klinik kebidanan (pkk) bagi mahsiswa program studi kebidanan semester ganjil (I dan III) STIKes Kapuas Raya Sintang. Sementara semester V sudah sudah berakhir sejak tanggal 4 Feruari 2012 lalu. Pelaksanaan kegiatan pkk dilakukan di empat Kabupaten/kota seperti kabuapten sintang (RSUD ADE M.DJOEN, Klinik Sayang Ibu dan BPS Armita), kabupaten sanggau (RSUD SANGGU, Rumah Bersalin Dahlia, BPS Neni Lidia, Marlina, Bobo), kota singkawang (RSUD A. AZIZ dan BPS Ji Li Ngo) dan kabupaten sambas (RSUD SAMBAS dan RSUD Pemangkat, Rumah Bersalin Amkur, Klinik Nur Ummy Pemangkat, BPS Etika Damayanti - Selakau, dan BPS Ervy Lusiani Sambas).

Clinical instruktur dari institusi diturunkan keseluruhan baik status sebagai dosen maupun pembimbing simulasi. koordinator masing-masing kabupaten seperti sintang ibu Winda Juwita, sanggau ibu Yuli Astuti, Kota singkawang ibu Nina Irmatya dan Kabupaten Sambas ibu Dian Ika Pratiwi. Kompetensi yang akan dicapai pada semester pertama adalah keteampilan dasar praktik klinik kebidanan dengan sebanyak minimal 50 % dari 48 keterampilan dasar praktik kebidanan, sementara kompetensi yang akan di capai pada semester tiga adalah merupakan lanjutan pencapaian kompetensi sebelumnya seperti ante natal care (ANC), intra natal care (INC), post natal care (PNC) dan bayi baru lahir (BBL).

Mekanisme bimbingan klinik pada kali ini agak berbeda dibandingkan dengan sebalumnya karena pada bimbingan kali ini menggunakan pola bimbingan dengan enam siklus pembelajaran praktik klinik. mulai dari persiapan teori, laboratorium, pertemuan pra klinik, praktik klinik, pertemuan paska klinik, evaluasi dan tindaklanjut. Pada kesempatan penyerahan perserta pkk di RSU Pemangkat, Klinik Nur Ummy dan Rumah Bersalin Amkur Pemangkat, Ketua Stikes Kapuas Raya Sintang (Uray B. Asnol, SKM,MM)

Mengharapkan kepada seluruh mahasiswa agar dapat mengaplikasikan teori yang sudah dapat dikelas dengan skill yang sudah dimiliki serta mengaktualisasilan sikap yang terpuji berdasarkan sepuluh prinsip nilai dasar STIKes Kapuas Raya Sintang yang sudah dibentukkan kedalam integritas mahasiswa STIKes Kapuas Raya sejak awal masuk. Kepada seluruh Dosen pembimbing supaya dapat melaksanakan tugas pendampingan kepada mahsiswa di lapangan swhingga dapat menghilangkan hambatan dan meningkatkan komunikasi, informasi dan koordinasi kepada pihak-pihak yang terkait. serta ucapan terima kasih Uray B. Asnol,SKM,MM kepada seluruh stakeholder yang telah berkenan institusinya dijadikan tempat praktik bagi mahasiswa prodi kebidanan STIKes Kapuas Raya Sintang.