Home Berita / Informasi Berita Kampus Upaya Pencapaian Millennium Development Goals (MDGs)
Upaya Pencapaian Millennium Development Goals (MDGs)

Millennium Development Goals (MDGs) merupakan sebuah paket berisi tujuan yang mempunyai batas waktu dan target terukur untuk menanggulangi kemiskinan, kelaparan, pendidikan, diskriminasi perempuan, kesehatan ibu dan anak, pengendalian penyakit, dan perbaikan kualitas lingkungan., esensinya bagi STIKes Kapuas Raya Sintang sebagai Perguruan Tinggi yang bergerak di bidang kesehatan adalah, upaya mewujudkan insan insan kesehatan dalam ikut juga mendukung pencapaian MDGs tersebut, dan ini telah menjadi 'judul besar' dalam STUDIUM GENERALE STIKes Kapuas Raya Sintang 2 November 2009 Silam.

 

 

Secara umum, perkembangan yang telah dicapai sampai saat ini menunjukkan kemajuan yang menggembirakan. Beberapa indikator MDGs secara nasional telah tercapai dan sebagian besar target MDGs secara nasional diperkirakan akan tercapai (on track). Pemerintah mendapatkan apresiasi dari PBB atas capaian sampai saat ini dan komitmennya untuk mencapai sasaran MDGs pada akhir tahun 2015.

ini patut di syukuri dengan gencarnya menyuarakan MDGs pada setiap moment/kesempatan, dan di sini di tuntut pula kreativitas mahasiswa dalam memainkan 'tangan dingin' mereka, dalam arti sebagai Pilot project terobosan-terobosan baru di masyarakat, agar tujuan yang di inginkan MDGs dapat di rasakan secara langsung hingga ke daerah-daerah terpencil, khususnya di wilayah timur kalimantan.

Adapun laporan Pencapaian MDGs Indonesia dapat anda download DI SINI....

Seperti yang di katakan Prof. Armida dalam pertemuan Raker II Rencana Tindak Percepatan Pencapaian Tujuan MDGs dalam sidang kelompok yang dipimpin oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas bahwa pencapaian sasaran MDGs di tingkat nasional perlu didukung capaian di tingkat daerah, dan seluruh pemangku kepentingan yang terdiri dari Pemerintah, dunia usaha, masyarakat luas termasuk masyarakat madani, serta para tokoh agama.

Meskipun beberapa sasaran MDGs telah tercapai dan on track, upaya-upaya khusus perlu tetap dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja capaian MDGs. Selain itu, diperlukan upaya-upaya yang lebih keras lagi untuk mencapai sasaran MDGs seperti untuk penurunan angka kematian ibu melahirkan, pencegahan HIV/AIDS dan peningkatan tutupan lahan. Sementara itu, kesenjangan antardaerah dalam pencapaian sasaran MDGs perlu terus diperkecil, antara lain dengan memberikan perhatian yang lebih besar bagi daerah-daerah yang kinerja pencapaian MDGs-nya masih di bawah rata-rata nasional. Seluruh upaya untuk mencapai sasaran MDGs tersebut perlu didukung dengan penguatan sinergi antarkementerian/lembaga dan antara pusat dan daerah.