Home Berita / Informasi Berita Kampus Tingkat KAN Penelitian Dosen Dengan Multimedia
Tingkat KAN Penelitian Dosen Dengan Multimedia

Semoga ini menjadi awal peningkatan SDM dosen dan mahasiswa khususnya di Stikes Kapuas Raya dan Sintang pada umumnya, dalam rangka peningkatan kualitas insan kesehatan secara keseluruhan, sedangkan untuk stikes sendiri seperti yang di ungkapkan oleh Agus Samsudrajat S, SKM yang juga perwakilan dari STIKes Kapuas Raya, nantinya akan di bentuk Tim Penelitian Dosen khususnya dimulai dari Prodi Kebidanan, untuk kedepan seluruh insan kesehatan di kota sintang, agar semua mendapatkan manfaat dari apa yang telah kita cita-citakan, selalu TERDEPAN dalam kepeloporan di bidang ilmu kesehatan, PROFESIONAL dalam penulisan dan BERKUALITAS mengenai output yang berada dalam binaan kita, Amiin.

Bagi STIKes Kapuas Raya Sintang nantinya akan di himbau mahasiswa dan dosen untuk gemar membaca, ini sesuai dengan Program Pemerintah khususnya kabupaten sintang yang di gulirkan sejak 5 tahun yang lalu, dan baru baru ini bung Tantowi Yahya dating ke Kalimantan barat untuk menghadiri penandatanganan program KALBAR GEMAR MEMBACA oleh Gubernur Kalbar Drs. Cornelis, MH, ini guna menanggulangi kurangnya minat baca masy Indonesia, padahal begitu banyak jurnal yang terbaru serta karya-karya tulis ilmuwan terhambur begitu saja di took-toko buku dan perpustakaan yang kurang terjamah oleh masyarakat.

Dalam pelatihan ini, di ‘genjot’ pengetahuan, tips dan trik agar kemampuan menulis dosen bisa di bina, mulai dari estetika penulisan, rumusan jurnal hingga multimedia yang mendukung untuk sebuah tulisan yang berkualitas, sebagai pendukung peserta dibekali software khusus untuk itu, asalkan connect ke internet para dosen sudah dapat tersambung dengan perpustakaan-perpustakaan skala dunia seperti Harvard, oxford dan lain lain, nantinya dosen tidak mesti memeriksa karya tulis mahasiswa dengan di print, cukup langsung ke software nya saja, dalam hal ini MS Word yang ternyata menyimpan aplikasi untuk itu, hanya saja selama ini tidak pernah di ketahui fasilitasnya, sehingga ini cukup membuka cakrawala akan luasnya ilmu khususnya di bidang penelitian.

Begitu banyak hal yang masih harus di gali, contohnya di bidang keperawatan, sebut saja perawatan kateter yang sudah sering di bahas dalam jurnal-jurnal yang ada. Padahal bidang keperawatan begitu luas cakupan ilmunya begitu pula kebidanan,

Adalah Ary Kamsiatun Istirahayu, S.Kep sebagai salah satu perwakilan dari STIKes Kapuas Raya Sintang mengatakan pelatihan ini begitu pentingnya untuk mengupdate SDM dosen dan mahasiswa, oleh karena mereka sebagai ilmuwan di negeri ini, seyogyanya respon ilmuwan itu dibuktikan dengan karya-karya ilmiyah yang berkualitas tentunya, dewasa ini karya ilmiyah dosen sulit di jumpai dan terkesan berkutat pada satu masalah yang sudah di bahas lama dan berulang ulang, itulah yang menjadi factor lemahnya dosen, mungkin karna kesibukan juga sehingga hal ini terlepas dari perhatian, kurangnya pengalaman dalam menulis menjadi momok yang tersemat pada dosen dan mahasiswa, sehingga kualitas hasil pembelajaran kurang berkembang. Efeknya adalah para dosen sulit sekali untuk ‘mengupgrade’ statusnya dari tenaga pengajar ke asisten ahli hingga ke guru besar begitu pula mahasiswa banyak kita jumpai masalah keterlambatan skripsikarna tidak dapat menulis dengan baik.

Di helat dengan sukses.Gedung Bapelkes Jakarta Jl. Wijaya kusuma no. 45 Cilandak. di padati oleh sedikitnya 41 orang peserta TOT dari berbagai belahan bumi Indonesia, di mulai tanggal 25–27 okt (gelombang I) dan 28-30 Oktober 2010 (Gelombang II), di komandoi oleh bapak M. Sugeng Hidayat, SKM.,M.Ph, acara bertema PELATIHAN METODE PENELITIAN APLIKATIF BIDANG KEBIDANAN DAN KEPERAWATAN SERTA PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIYAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI.