Home Artikel FURUNCLE "Adiknye Bisul"
FURUNCLE "Adiknye Bisul"

Sebenarnya apa sih furuncle ini?

Furuncle merupakan benjolan kecil di kulit yang dipenuhi oleh nanah serta terasa nyeri, furuncle ini disebabkan oleh infeksi di folikel rambut. Biasanya infeksi ini disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus yang banyak hidup di permukaan kulit terutama di area sekitar hidung, secara normal tubuh telah teradaptasi untuk melawan bakteri ini, tapi pada kondisi-kondisi tertentu terutama pada kondisi dimana terjadi penurunan sistem kekebalan tubuh (immun) bakteri ini bisa menginfeksi.

Sebenarnya dalam skala yang kecil furuncle ini tidak berbahaya, namun jika tidak mendapat perawatan yang tepat furuncle bisa menjadi gerbang menuju infeksi pembuluh di pembuluh darah yang berbahaya.

 

Siapa saja yang beresiko terserang furuncle?

 

  • Orang-orang yang mengalami penurunan sistem imun seperti penderita HIV, diabetes dan orang yang mendapat terapi dengan cara menekan sistem kekebalan tubuh seperti pada pasien paska terapi kanker (chemoterapy) dan paska operasi tranplantasi organ.
  • Mereka yang hidup berdekatan dengan orang lain seperti pada kemah pengungsi, camp militer dsb.
  • Penderita obesitas.
  • Penderita kurang gizi.
  • Perawatan furuncle di rumah

 

Kompres hangat selamat 20 menit dengan skala 3 sampai 4 kali sehari cukup efektif untuk meredakan rasa nyeri dan membantu adeknya bisul ini cepat mengering. Jika furuncle mulai mengering, basuhlah dengan sabun antiseptik, ulangi langkah ini selama 3-4 hari sampai kulit menjadi pulih.

Karena si adek bisul ini sangat gampang menular, maka jika sampeyan udah terkena ya jangan bertukar pakaian ke orang lain, usahakan sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun antiseptik agar infeksi tidak menyebar.

Wes sekarang kembali ke awal aja, ada yang tau bahasa indonesianya furuncle gak?