Home Artikel
Artikel
Akreditasi Program Studi Kesehatan Masyrakat STIKes Kapuas Raya

Dalam rangka penilaian kualitas Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKes Kapuas Raya, maka pada tanggal 19 - 21 April 2017 telah dilaksanakan penilaian oleh tim Assesor Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PT Kes) dengan tim DR. drs. Tris Eryando, M.A (Universitas Indonesia) dan dr. Furqaan Naiem, M.Sc., Ph.D (Univeristas Hasanuddin).

Dalam tiga hari, agenda yang dilakukan assesor pada hari pertama yakni meninjau kelengkapan sarana dan prasarana program studi Kesehatan Masyarakat dan Kampus, serta meninjau kelengkapan dokumen. Agenda pada hari kedua yakni wawancara dgn mahasiswa, alumni dan Puskesmas Dara Juanti dan penandatangan berita acara akreditasi

Penilaian mengacu pada aspek sarana, prasarana, kerjasama, kemahasiswaan, alumni serta pelaksanaan belajar mengajar di STIKARA. Tak hanya itu, di hari terakhir assesment lapangan,
para assesor memberikan arahan kepada dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa dalam rangka meningkatkan kualitas STIKes Kapuas Raya Sintang.

Uray B Asnol selaku Ketua STIKARA mengungkapkan bahwa dengan adanya akreditasi ini merupakan bukti komitmen STIKARA dalam menjamin kualitas proses perkuliahan, kualitas mahasiswa dan kualitas lulusan.

 

GALERI FOTO

 
Sosialisasi realisasi Angkatan 2 MoU STIKARA Sintang - dengan Sekolah Vokasi UGM

Dalam rangka tindak lanjut Memorandum of Understanding (MoU) antara Program Studi Perekam dan Informasi Kesehatan (PIK)  STIKes Kapuas Raya (STIKARA) Sintang dengan Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta, pada hari Sabtu, 1 April 2017 dilaksanakan pertemuan dengan orang tua mahasiswa RMIK ST.

IKARA Sintang. Pertemuan dihadiri oleh sebagian besar orang tua dan mahasiswa, sementara dari STIKARA Sintang hadir Bapak Akhmad Sohari, S.Pd,. M.Pd mewakili Yayasan Sembilan Puluh Sembilan Sintang dan dari institusi dihadiri langsung oleh Ketua STIKARA Sintang Bapak Uray B. Asnol; Waket 1 Ibu Yunida, S.ST,. M.Kes; Waket 2 Bapak Drs. H. Lingga, M.Si; Ketua Prodi PIK STIKARA Uray Bilachairi Jakti, S.Kom,.M.Kes serta Sekretaris Prodi RMIK ibu Maya Astuti, S.Kom serta dosen lainnya.

Pertemuan ini di maksudkan untuk sosialisasi angkatan ke-2 Student Exchange Program (SEP) selama satu semester di UGM Jogjakarta dimulai Juli 20l7. Dengan kegiatan kuliah, praktek di beberapa Rumah Sakit besar di Jogjakarta yang di kendalikan sepenuhnya oleh pihak UGM.

Pada prinsipnya seluruh orang tua dan mahasiswa yg hadir menyetujui kegiatan di maksud karena meningkatkan ranah  pengetahuan, ketrampilan mahasiswa dan akan mencapai Visi STIKARA Sintang dengan lulusan yg  Unggul dan berakhlak mulia.

Disisi lain, harapan dengan adanya SEP ini adalah terjadi transfer inovasi dan art  di Univerisitas Negri top di indonesia dan termasuk universitas  top dunia  seperti Universitas  Gajah Mada (UGM) agar dapat di terapkan di STIKARA Sintang.

Alasan UGM di pilih menjadi kampus tujuan SEP STIKARA Sintang karena disamping alasan diatas juga UGM salah satu Universitas yang konsen untuk membina Perguruan Tinggi Daerah 3T (Terluar, Terdepan dan Tertinggal).

GALLERY FOTO


 
PENINGKATAN SUMBERDAYA DOSEN STIKARA

STIKes Kapuas Raya Sintang merupakan institusi pendidikan kesehatan di Kota Sintang yang berdiri sejak tahun 2009. Seiring berjalannya waktu, STIKARA terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dosen agar terciptanya pendidikan yang bermutu.

Tahun 2017 ini terdapat 6 dosen yang lulus studi lanjut S2 maupun S3 dari perguruan tinggi ternama di Indonesia. DR. Uray B. Asnol, S.KM., MM., M.Kes. selaku Ketua STIKes Kapuas Raya Sintang yang juga seorang lulusan tahun 2017 Program Doktoral (S3) dalam bidang Manajemen Pendidikan mengatakan bahwa tahun 2017 ini akan hadir 5 dosen STIKARA yang lulus dari 2 perguruan tinggi ternama Universitas Indonesia dan Universitas Diponegoro.

Uray B. Asnol juga mengatakan bahwa dosen STIKARA yang baru lulus tahun 2017 dari Universitas Indonesia atas nama Purwo Setiyo Nugroho. S.KM., M.Epid. dan Wagiran, S.KM., M.Epid serta Rika Yuanita Pratama, S.KM, M.KM. Sedangkan dosen STIKARA lulus dari Universitas Diponegoro atas nama Sunarti, S.KM., M.Kes dan Rudiansyah, S.KM., M.Kes. Keahlian masing-masing dari kelima dosen ini dalam hal Epidemiologi, Kesehatan Reproduksi, Kesehatan Lingkungan dan Administrasi Rumah Sakit.

Peningkatan lain dari sumberdaya dosen STIKARA yakni dengan adanya dosen yang telah mendapat jabatan fungsional Asisten Ahli dan Lektor dari Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi. Serta satu dosen yang telah tersertifikasi oleh Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi. Adanya dosen yang mendapatkan jabatan fungsional dan tersertifikasi merupakan bukti komitmen dosen dan STIKARA untuk meningkatkan kualitas pendidik agar terciptanya mahasiswa yang bermutu.

Dosen yang mendapatkan jabatan fungsional Asisten Ahli atas nama Hesti Wiarisa, S.KM., M.Kes.; Kiki Lusrizanuri, S.Psi., M.Psi.; Hendrikus Nara Kwureh, S.KM., M.Kes.; Yunida Haryanti, S.ST., M.Kes.; Rizki Amartani, S.ST., M.Kes.; Eka Frelestanty, S.ST., M.Kes dan Abil Rudi, S.Kep., M.Kes. Sedangkan dosen STIKARA yang memiliki jabatan fungsional Lektor dan tersertifikasi dosen adalah Elvi Juliansyah, S.Sos., MM., M.Kes

 
Program Studi D3 Kebidanan STIKARA Sintang, di Akreditasi Oleh LAM-PT Kes

Program Studi D3 Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kapuas Raya (STIKARA) Sintang, selama tiga hari (26 – 28 Maret 2017) di kunjungi oleh tim assesor  akreditasi dari LAM-PT Kes (Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan). Assesor D3 Kebidanan dilakukan oleh ibu Rika Nurhasanah, S.ST., M.Keb dan Dian Nur Hadianti, S.ST., M.Kes. Proses akreditasi meliputi assesment pada berkas fisik akreditasi tercantum dalam standar 1 tentang visi, misi, tujuan, sasaran serta strategi pencapaian. standar 2 tentang tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjamin mutu. standar 3 tentang kemahasiswaan dan lulusan. standar 4 tentang sumberdaya manusia. standar 5 tentang kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik. standar 6 tentang  pembiayaan, sarana dan prasarana serta sistem informasi. standar 7 tentang  penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta kerja sama. serta  assesment pada kelengkapan fasilitas penunjang pembelajaran seperti sarana prasarana, perpustakaan, kelengkapan alat-alat simulasi dan fasilitas lahan praktek mahasiswa di Bidan Praktek Swasta, klinik bersalin dan Rumah Sakit.

Penandatangan Berita Acara


Dengan adanya proses akreditasi yang dilaksanakan lima tahunan ini diharapkan kualitas pembelajaran di STIKes Kapuas Raya Sintang mendapat nilai terbaik.  Uray B Asnol (candidat doktor Menejemen Pendidikan ini) selaku Ketua STIKARA Sintang berharap penataan menejemen pendidikan di STIKARA Sintang akan lebih baik lagi, penilaian lapangan ini sebenarnya adalah menilai apa yg di catat dan apakah yg di catat itu sudah di lakukan oleh para dosen, para staff serta oleh para kepentingan di stikara Sintang (termasuk lahan praktek) Kebidanan.

Proses akreditasi berakhir pada tanggal 28 Maret 2017, penutupan proses akreditasi dilakukan dengan foto bersama jajaran Yayasan Sembilan Puluh Sembilan Sintang dan Jajaran Stikara Sintang. Menyusul insya Allah bulan April 2017 Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat akan melakukan hal yang sama.

 
Menanam Pohon Se-Kalbar

Sintang-KOTA, (Kalimantan-News) - Pelaksanaan Hari Menanam Pohon Indonesia Se Kalimantan Barat merupakan sebuah kegiatan edukasi, meningkatkan kepedulian dan kemandirian seluruh komponen bangsa akan penting menanam dan memelihara pohon secara berkelanjutan untuk mitigasi perubahan iklim dan merehabilitasi hutan dan lahan.

Demikian disampaikan Asisten Administrasi Perekonomian dan  Kesejahteraan Sosial  Setda Propinsi Kalimatan Barat Lensus Kandri saat membacakan sambutan Gubernur Kalbar Cornelis pada acara Hari Menanam Pohon Indonesia Se Kalimantan Barat yang dilaksanakan di Galeri Motor Bandong Desa Jerora Kecamatan Sintang pada Selasa, 24 Nopember 2015.

“Pemprop Kalbar mendorong seluruh kabupaten kota untuk mulai melaksanakan program Hutan Rakyat yang layak dari sisi luasan dan jenis pohon yang ditanam. Saya juga mengingatkan seluruh elemen masyarakat untuk turut menanam dan memelihara pohon yang bukan hanya saja tanggungjawab pemerintah tetapi seluruh masyarakat Kalimantan Barat” pinta Lensus Kandri.

Marius Marcellus TJ Kepala Dinas Kehutanan Propinsi Kalimantan Barat menyampaikan bahwa tema nasional hari menanam pohon Indonesia adalah ayo kerja, tanam dan pelihara pohon untuk hidup yang lebih baik.

“kegiatan ini diikuti sekitar. 1000 peserta yang berasal dari 14 kabupaten kota yang ada di Kalbar. Hari menanam pohon ini sudah dilaksanakan sekitar 9 tahun yang sudah dilaksanakan secara bergilir. Kami akan laksanakan penilaian terhadap keberhasilan kabupaten kota dalam upaya menanam pohon di wilayah masing-masing” tegas Marius Marcellus TJ.

Penjabat Bupati Sintang Alexius Akim menyatakan senang bisa menjadi tuan rumah pelaksanaan hari menanam pohon se Kalbar.

“kegiatan ini penting dalam rangka mendorong aksi nyata masyarakat dalam melaksanakan upaya menanam dan memelihara pohon. Salah satu penyebab rusaknya hutan adalah pengelolaan hutan yang tidak baik dan perusakan hutan secara masif karena kepentingan ekonomi, sehingga perlu langkah nyata untuk memelihara lingkungan hidup salah satunya melalui menanam dan memelihara pohon” jelas Alexius Akim.

“Pemerintah Kabupaten Sintang bersama DPRD Kabupaten Sintang baru saja mengesahkan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah 2015-2035 yang salah satu isinya adalah komitmen semua pihak untuk mempertahankan  55 persen wilayah hutan yang masih ada di Kabupaten Sintang” tegas Alexius Akim.

Dalam acara tersebut, diumumkan Pemenang lomba  wana lestari  tingkat propinsi kalbar tahun 2015, Candra Irawan penyuluh kehutanan Kabupaten Sintang sebagai Penyuluh Kehutanan Terbaik, Safi'I penyuluh kehutanan swadaya masyarakat desa bunut hulu kecamatan bunut hilir Kapuas Hulu sebagai Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat terbaik, Dakim ketua kelompok tani hutan desa sungai radak II kecamatan terentang Kubu Raya sebagai Kelompok Tani Hutan terbaik.(Hms)

http://www.kalimantan-news.com/berita.php?idb=32430

 
  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  Next 
  •  End 
  • »


Page 1 of 4